Senin, 16 Oktober 2017

Cara mengatasi daun pepaya menguning

Daun pepaya menguning sering kali dikeluhkan para budidaya tanaman pepaya. Menguningnya daun pada pepaya terang sekali dapat mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan pepaya, terutama dalam hal proses fotosistesis. Namun yang menjadi pertanyaannya yakni Apakah yang mengakibatkan daun pepaya menjadi menguning, Bagaimana cara penanggulanggnya jikalau daun pepaya menguning dan cara pencegahan semoga ketika menanam atau budidaya tanaman pepaya  daunnya tidak menguning ? Berikut ini penjelasan singkat wacana 3 pertanyaan tadi


Daun pepaya menguning

Penyebab daun pepaya kuning beragam. Pertama, kerusakan akar jawaban akitivitas serangga hama menyerupai uret. Efeknya pengiriman air terhambat, daun menguning, bunga sedikit, buah kecil atau gugur. Kedua, akar tergenang. Penyebab lain, kekurangan nitrogen. Gejala menguning mulai dari daun renta menuju daun muda.
    
Jika penyebab daun kuning pada pepaya jawaban akitivitas serangga, maka segera tanggulangi serangan hama. Benamkan insektisida butiran berbahan aktif karbofuran di kawasan perakaran. Dosis sesuai isyarat di label. Untuk mencegah kuning daun jawaban genangan, buat guludan di sekeliling pohon dan perbaiki sistem drainase dengan membuat parit. Tambahkan pupuk organik atau pupuk tinggi unsur nitrogen dengan jumlah sesuai ajuan untuk mengatasi kekurangan nitrogen.
    
Sebelum menanam, biarkan lubang tanam terbuka sepekan semoga terkena sinar matahari. Setelah itu tambahkan materi organik dan pupuk dasar. Taburkan insektisida butiran berbahan aktif karbofuran pada lubang sesuai dosis anjuran. Buat akses drainase (terutama pada lahan kelebihan air). Gunakan bibit sehat dan vigor yang disemai di media bebas telur serangga. 

9 komentar:

  1. Kak mau tanya. Kemaren kan saya mau buang hama di pohon pepaya saya pakai mama lemon tapi pas saya liat hari ini daun daunnya pada layu smua kak. Mohon masukannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua cairan pembersih dapat merusak daun pepaya, saya sudah mencoba mulai dari sejenis rinso, sabun ekonomi, pembersih piring seperti mama lemon dll. Menurut sy lebih aman pakai pestisida atau insektisida yg sudah direkomendasikan dari babrik karena sudah diuji keama nannya.

      Hapus
  2. Mau tanya pak..apakah kelebihan puouk kimia juga bisa mengakibatkan daun menuning...mohon jawabanya..makasih

    BalasHapus
  3. penyakit menguning serentak sudah terlewati, sekarang kondisi daun mudanya warna cerah dan kerdil, bgaimn solusi pemulihan agar daun subur kembali..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mengatasi daun pepaya yang menguning pucuk nya.apa yang harus kita lakukan

      Hapus
  4. Jika sudah 80% daunnya menguning, apa masih bisa di pulihkan?

    BalasHapus
  5. Hampir smua daun dalam 1 pohon.. mengalami bercak kuning

    BalasHapus
  6. Tolong info nya.. untuk penanganan pohon kates saya.. trims

    BalasHapus
  7. Apa nama obat kuning PD pepaya

    BalasHapus