Senin, 16 Oktober 2017

Sistem tanam bertingkat untuk lahan sempit

Sistem tanam bertingkat untuk lahan sempit

Sesempit apapun lahan yang anda punya mampu anda tanami. Bukan hanya menyalurkan hobi, lahan sempit yang anda punya menimbulkan nilai tersendiri terutama dari segi estetika. Berikut ini salah satu pola cara bertanam di lahan sempit

Bertanam di depan rumah 
Di kawasan perkotaan, halaman rumah yang luas menjadi sebuah kendala, walaupun ada sebagian dari mereka menggunakan halaman untuk dijadikan sesuatu yang lebih berguna,bukan untuk menyalurkan hobi bertanam. Meski demikian tidak lagi menjadi kendala bila anda ingin menyalurkan hobi bertanam atau sekedar memberi nuansa hijau depan rumah anda sehingga rumah anda kelihatan asri. Cara yang dimaksud ialah dengan melaksanakan bertanam bertingkat menyerupai pada gambar diatas, hanya membutuhkan kurang lebih 50cm saja anda mampu menanam dengan cara bertingkat tersebut. 

Baca Juga : Enam model Aquaponik untuk lahan sempit


Prinsip pola tanam bertingkat
Pada prinsipnya pola tanam bertingkat menyerupai gambar diatas ialah mengambil dari sistem hidroponik bertingkat, cuma yang membedakannya ialah dalam sistem penyiraman. Di sini penyiraman yg dilakukan ialah penyiraman biasa saja menyerupai kita menyiram tanaman, sedangkan pupuk yang digunakan bukanlah pupuk untuk hidroponik melainkan pupuk NPK slow release dengan kandungan Nitrogen lebih tinggi dibandinhkan P dan K . itu aja sih prinsip dasarnya. Atau bila mau, mampu juga anda menggunakan pupuk daun dan lalu kan pemupukan sesuai proposal tabel. 

Pebuatan pola tanam beringkat
Cara membuat pola tanam bertingkat ini ada beberapa materi yang di perlukan. Adapun bahan-bahan yang diharapkan adalah
  • Pipa paralon diameter kurang lebih 20cm
  • Gelas air mineral 

Itu saja materi utamanya, sedangkan untuk benih anda mampu sesuaikan dengan keinginan, mau ditanam apa nantinya. 

Cara membuatnya 
Lubangi pipa paralon tidak melebihi bibir gelas air mineral. Fungsi lubang hanya sebagai penyangga gelas plastik. Jarak tanam mampu anda sesuaikan sendiri yang penting antara ujung daun yang satu dengan yang lainnya tidak menempel. Sebelum gelas plastik di isi tanah, lubangi bab bawah gelas tersebut sebagai drainase kelebihan air setelah penyiraman.

Itulah ulasan mengenai sistem tanam bertingkat untuk lahan sempit. biar bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar